Sayur Bening yang Bertahan Sepanjang Masa

Ketika sebuah kesederhanaan mampu mengalahkan banyak hal

Sayur Bening. Dibuat dengan cara yang sederhana, terdiri dari bahan yang sederhana, tapi bertahan sepanjang masa.
Sayur Bening. Dibuat dengan cara yang sederhana, terdiri dari bahan yang sederhana, tapi bertahan sepanjang masa.

Sayur Bening. Rasa-rasanya akan sangat aneh jika ada ada yang tak mengenal nama masakan sayur yang satu ini. Maksudnya ya khusus orang Indonesia. Mungkin saja sayur bening ini adalah masakan sayur yang paling populer. Tampilannya juga tak terlalu jauh berbeda. Bagaimanapun varian bahan pembentuknya, unsur utamanya akan tetap nampak terlihat jelas. Kuahnya yang nampak bening itu.

Dua jenis bahan yang paling terasosiasi dan begitu melekat dalam kepala ini kalau mendengar atau membaca “sayur bening” adalah bayam dan labu kuning. Meskipun juga kadang menjumpai tambahan lain, misalnya saja jagung manis, atau lainnya. Tapi memang, sejak kecil yang selalu teringat adalah bayam dan labu itu. Sampai sekarang.

Jika kemudian coba diingat-ingat lagi semampunya, mungkin sayur ini pulalah yang paling banyak disantap sepanjang hayat sampai hari ini. Jadi, meskipun dibuat dengan cara yang sederhana, terdiri dari bahan yang sederhana, tapi sayur bening ini jelas mampu bertahan sepanjang masa. Tidak ada perubahan radikal yang terjadi terhadap menu ini. Konsisten dengan format dasarnya. Tak terpengaruh musim, dan terhindar dari segala gejolak politik. Sayur bening adalah sayur bening. Jati dirinya tak pernah goyah.

Sayur bening juga begitu mudah bergaul. Sangat lentur. Ia bisa cocok dimakan dengan aneka jenis lauk goreng, bakar, atau pepes. Walau tentu setiap orang memiliki padanan kesukaannya sendiri-sendiri. Sebagai bocoran, sayur bening memang paling pas dan cocok dimakan bersama lauk ikan asin telang goreng. Tapi sekali lagi, itu adalah selera pribadi. Walau juga disepakati oleh banyak kawan.

Perlukah dibahas makna filosofis sayur bening? Sudahlah, tidak perlu! Sederhana saja. Karena bisa saja akan menjadi aneh sebab begitu rumitnya memikirkan sesuatu yang sangat sederhana dan cukup dinikmati. Usah pula tanyakan resepnya. Suka-suka saja. Sayur bening tetap akan menjadi dirinya sendiri. Kecuali menurut Google Translate, akan menjadi clear vegetable.

Jadi, paling suka sayur bening disandingkan dengan lauk apa?

_
Salam. Bahagialah selalu...

Mhd Wahyu NZ
Telegram | Facebook