Telegram Perkenalkan Stiker Animasi

Telegram Perkenalkan Stiker Animasi

Telegram, sebuah aplikasi perpesanan instan melalui pembaruan terakhirnya pada 6 Juli 2019 memperkenalkan Stiker Animasi (Animated Stickers). Menggunakan stiker animasi ini, pengguna dapat mengirim animasi ultra-ringan dan berkualitas tinggi untuk mengekspresikan emosi dengan gerakan. Stiker animasi tersebut juga dapat diterima secara instan pada koneksi apapun. Hanya dengan ukuran 20-30 KB per stiker, dan animasi sampai dengan 60 fps. Begitu penjelasan Telegram pada rilis pembaruannya. Baik untuk versi Android maupun versi desktop.

Format stiker animasi yang baru saja diluncurkan ini konon diawali oleh sebuah pemikiran Telegram, yakni dapatkan stiker animasi memiliki kualitas lebih tinggi daripada stiker statis namun tidak menguras bandwith. Stiker animasi juga dinyatakan tidak boros baterai jika dibandingkan dengan GIF dan beroperasi dengan kecepatan 60 frame per detik. Jika sebuah gambar setara dengan ribuan kata, maka sebuah stiker animasi setara dengan 180.000 kata.

Telegram pertama kali memperkenalkan stiker pada Januari 2015. Sejak itu, format stiker Telegram telah diadopsi oleh aplikasi lain. Kini sudah pula menggunakan format animasi.

Hanya saja nampaknya saat ini stiker animasi belum bisa dinikmati oleh pengguna aplikasi Telegram X. Saudara kandungnya Telegram. Mungkin nanti. Entahlah. Tapi yang jelas, begitu dicoba digunakan di versi Android (versi 5.9) maupun Desktop (versi 1.7.12 beta), memang sangat cepat, benar-benar instan.

Memang belum banyak tersedia stiker animasi di Telegram. Tapi sebagaimana stiker biasa, mungkin akan banyak yang akan membuatnya dan dibagikan kepada pengguna umum. Karena stiker animasi ini memang sebuah platform yang terbuka, dan memungkinkan siapapun untuk membuatnya. Tentu saja, dengan mengikuti Panduan Pembuatan Stiker Animasi Telegram.

Bagi yang ingin menggunakannya, silakan buka menu Pengaturan » Pengaturan Obrolan, dan pilih menu Stiker dan Mask » Tren Stiker. Sudah tersedia di situ pilihan contoh stiker animasi. Silakan coba bagi yang ingin.

Salam,-

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id
  1. Avatar mohamad chusnul yaqin
  2. Avatar mohamad chusnul yaqin

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan tutup Banjarbaru dengan besi dan beton. Kita masih perlu tanah dan pepohonan!
Informasi jual beli tanah rumah Kalimantan Selatan
Gulir ke Atas