Pilkada 2020 Direncanakan 23 September

Berdasarkan Rancangan PKPU Tahapan Pilkada 2020

Pilkada Banjarbaru
Kreatifitas KPPS saat Pilkada Banjarbaru 2015 yang membuat suasana di TPS menjadi ramai dan menyenangkan

Pelaksanaan pemungutan suara dalam rangka penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 direncanakan dilaksanakan pada hari Rabu, 23 September 2020. Hal tersebut didapatkan berdasarkan rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020; atau biasa disebut sebagai PKPU Tahapan Pilkada.

Karena masih besifat rancangan yang akan dipergunakan sebagai bahan uji publik, maka tentu saja tanggal tersebut masih belum menjadi sebuah kepastian. Hanya saja setidaknya sudah ada sedikit gambaran tentang pemungutan suara Pilkada 2020 mendatang. Sementara untuk bulan dan tahun pelaksanaan, yakni September 2020 –selama tidak dilakukan perubahan terhadap UU 10/2016– maka sudah dapat dipastikan dilaksanakan pada September 2020. Hal tersebut berdasarkan kepada Pasal 201 ayat (6) UU Nomor 10 Tahun 2016. Yang berbunyi:

Pemungutan suara serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2015 dilaksanakan pada bulan September tahun 2020.

Kota Banjarbaru (beserta sejumlah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kalsel) serta Provinsi Kalimantan Selatan akan menjadi bagian dalam penyelenggaran Pilkada Serentak 2020 tersebut. Karena Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel serta Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru yang saat ini menjabat adalah merupakan hasil pemilihan Pilkada Serentak Tahun 2015 lalu.

Berdasarkan rancangan Tahapan Pilkada 2020 tersebut pula, sementara dapat diperoleh gambaran jadwal pembentukan PPK dan PPS sebagai badan penyelenggara ad-hoc akan dilaksanakan mulai 31 Januari 2020 sampai dengan 1 Maret 2020. Karenanya, bagi siapapun yang ingin terlibat secara langsung menjadi bagian penyelenggaraan Pilkada 2020, silakan mempersiapkan diri pada kisaran waktu tersebut.

Sementara, bagi siapa saja yang ingin mencalonkan diri atau dicalonkan baik sebagai Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, maupun Calon Walikota & Wakil Walikota Banjarbaru, mungkin dapat mempersiapkan diri untuk melakukan pendaftaran pada kisaran waktu akhir April 2020. Rancangan waktu sementara, pendaftaran pasangan calon akan dilaksanakan pada 28-30 April 2020. Penetapan pasangan calon sendiri direncanakan pada 13 Juni 2020.

Mungkin demikian untuk sementara. Dengan kembali ditekankan, bahwa jadwal-jadwal tersebut masih bersifat tentatif. Masih bersifat Rancangan (Draft) Peraturan KPU. Kepastiannya tentu setelah PKPU Tahapan Pilkada 2020 resmi ditetapkan dan diberlakukan. Silakan tunggu.

Sebelum diakhiri dan ada yang bertanya tentang foto yang nampak meriah itu, maka itu adalah foto di salah satu TPS di Kelurahan Mentaos, Kota Banjarbaru, pada Pilkada 2015 lalu. Seluruh Anggota KPPS-nya perempuan, dan mengenakan pakaian daerah. Sementara para lelaki itu sekedar numpang foto belaka. Ketika saya dengan didampingi oleh Ketua PPK Banjarbaru Utara, dan Ketua PPS Mentaos, keliling melakukan monitoring pelaksanaan pemungutan suara.

_
Salam. Bahagialah selalu...

Mhd Wahyu NZ
Telegram | Facebook