TrackerControl: Melacak Penggunaan Data Aplikasi Android

TrackerControl: Melacak Penggunaan Data Aplikasi Android

TrackerControl? Apa itu? Untuk apa?

TrackerControl memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengontrol pengumpulan data tersembunyi, berkelanjutan, di aplikasi seluler tentang perilaku pengguna (‘pelacakan’). Untuk mendeteksi pelacakan yang dilakukan aplikasi, TrackerControl menggabungkan kekuatan Disconnect blocklist, yang digunakan oleh Firefox, dan daftar blokir internal, yang dibuat dari menganalisis ~2.000.000 aplikasi! Selain itu, TrackerControl mendukung daftar blokir khusus.

Hal tersebut akan mengungkapkan perusahaan di balik pelacakan kepada pengguna dan memungkinkan pengguna untuk memblokir pelacakan secara selektif. Daftar pelacak ini juga memungkinkan untuk mengekspos tujuan pelacakan, seperti analitik atau periklanan.

Tidak diperlukan root, tidak pula mendukung VPN lain atau DNS Pribadi. Tidak ada server VPN eksternal yang digunakan, untuk menjaga keamanan data Anda! TrackerControl bahkan melindungi Anda dari penyelubungan DNS, teknik populer untuk menyembunyikan pelacak di situs web dan aplikasi.

trackercontrol.org

Begitulah lebih kurangnya TrackerControl menjelaskan perihal dirinya sendiri.

Pengalaman Penggunaan TrackerControl

Sekarang, berikut inilah pengalaman penggunaan TrackerControl. Silakan perhatikan screenshot saat TrackerControl memantau aplikasi populer Tokopedia dan Gojek, sebagai ujicoba penggunaan TrackerControl serta fungsi dan akibatnya pada sebuah aplikasi.

Screenshot TrackerControl Tokopedia
Screenshot TrackerControl Tokopedia
Screenshot TrackerControl Gojek
Screenshot TrackerControl Gojek

Menurut pemantauan TrackerControl (saat dicoba), aplikasi Tokopedia terhubung dengan 7 (tujuh) layanan lain, dan aplikasi Gojek terhubung dengan 4 (empat) layanan lainnya. Layanan lain itu bisa jadi untuk keperluan pelacakan penggunaan aplikasi, layanan periklanan, analitik, sosial, maupun sumber daya lainnya. Bisa jadi memang diperlukan aplikasi agar berfungsi maksimal, bisa juga tidak.

TrackerControl secara default akan memblokir itu semua. Hanya saja, cermati baik-baik kemudian apa yang mungkin dapat tetap diblokir (blocked), dan apa yang perlu untuk diizinkan (allowed). Sebab itu perlu diamati, apakah sebuah aplikasi akan tetap berfungsi dengan baik saat sesuatu diblokir, jika tidak, buka blokirnya, izinkan. Cara sederhananya adalah dengan mencoba satu per satu. Tap saja pada layanan yang diblokir, maka akan diubah menjadi diizinkan (allowed), lalu buka dan jalankan aplikasinya. Amati apakah ada perubahan.

Kesimpulan Penggunaan TrackerControl

Hasil kesimpulan penggunaan TrackerControl, aplikasi ini mudah dalam penggunaan dan fungsional. Ini terbukti dengan macetnya sejumlah hal saat sesuatu diblokir pada sebuah aplikasi. Artinya, tidak ada komunikasi data antara aplikasi pada perangkat kita dengan layanan yang diblokir tersebut. Jika itu terkait dengan fungsionalitas penting aplikasi, maka bisa diubah untuk diizinkan.

TrackerControl berperilaku seperti sejumlah aplikasi Firewall yang ada. Bahkan mampu melacak lebih detil ke dalam sebuah aplikasi. TrackerControl juga memiliki UI yang lebih simpel. Nampak sekali mengedepankan fungsionalitas. DISARANKAN.

Jangan lupa, untuk menggunakan TrackerControl secara maksimal agar melakukan update host file. Caranya, buka Settings » Advanced options » Update hosts file.

Cara Mendapatkan TrackerControl

Cara mendapatkan dan menginstal aplikasi TrackerControl adalah dapat mengunduh APK TrackerControl melalui situs resminya, melalui F-Droid, atau instalasi melalui Play Store. Hanya saja perlu diperhatikan, bahwa TrackerControl yang tersedia di Play Store adalah versi “Slim”. Yakni versi TrackerControl yang tidak mendukung fungsi pemblokiran. Hal itu disebabkan oleh kebijakan Google Play Store. Sehingga, untuk mendapatkan fungsionalitas secara lengkap, lebih baik unduh APK secara langsung, dan instal.

Situs Resmi TrackerControl » trackercontrol.org

Salam,-

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan tutup Banjarbaru dengan besi dan beton. Kita masih perlu tanah dan pepohonan!
Informasi jual beli tanah rumah Kalimantan Selatan
Gulir ke Atas