Toilet Umum RSUD Ulin yang Kini…

Toilet Umum

Memang, dulu rasanya kondisi toilet umum yang terletak di bangunan utama RSUD Ulin tersebut bagus kok. Bersih. Tapi sekarang kondisi dinding dan plafonnya sangat kotor. Begitu pula dengan bak airnya. Ya kalau tak terpaksa, tentu tak akan mampir dan masuk ke sana.

Beginilah kondisi toilet umum di RSUD Ulin, Banjarmasin, yang direkam pada Jumat (21/06) sore ± pukul 17.31 Wita. Mudah-mudahan malamnya sudah kinclong. Ya memang beginilah yang lebih kurang keadaannya, dengan cahaya yang secukupnya. Mungkin pula karena saat itu tidak menemukan dimana posisi saklar untuk menyalakan lampu penerang.

Soal toilet umum ini memang tanggung jawab bersama, antara pengguna/pengunjung dan pemilik tempat. Bagi pengunjung yang menggunakannya, tentu wajib jaga kebersihannya, ikut peduli. Jangan sembarangan. Kalau lagi menggunakannya, ingat-ingat, bahwa orang lain juga akan memakai fasilitas itu. Jangan asal hajat sendiri sudah tuntas dibuang, lantas masa bodoh dengan orang lain. Jika masa bodoh, Anda termasuk kelompok manusia yang menyebalkan. Kalau mau sembarangan, ya silakan lakukan di toilet rumah sendiri, jangan di tempat yang digunakan banyak orang.

Bagi pemilik tempat, ya tentu wajib menyediakan, juga wajib memastikan kondisi fasilitas itu, Jangan asal ada. Terlebih lagi ini rumah sakit. Rumah Sakit Ulin pula. Terbesar di Kalimantan Selatan. Mau tak mau, suka tak suka, kewajiban lebih besar ada di tangan pihak RSUD Ulin. Kalau dirasa perlu melakukan studi banding bagaimana mengelola toilet umum, silakan studi banding. Cukup jalan kaki ke bangunan sebelah. Itu di mall juga tersedia toilet umum, yang juga digunakan banyak orang. Tapi bisa menjaga kodisinya tetap bersih. “There is a will, there is a way” begitu kata orang luar yang ngomong inggris. Ada kemauan, ada jalan.

Oh iya, kalau mau bikin pemberitahuan/himbauan bagi pengguna, janganlah gunakan media stiker, kecil pula. Itu kertas stiker lama-lama akan hilang, dan menjadi sumber kotor lagi. Bikin saja yang besar sekalian, pakai frame. Digantung biar mudah kalau mau ganti. Takkan habis sampai 500 ribu rupiah biayanya. Plus tak usah pakai kata-kata indah bijak bestari. Gunakan saja kalimat yang lugas dan tegas.

Ya! Saya termasuk sensitif soal toilet!

Ada Tanggapan?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas