Telegram Instant View (Belum) Mendukung WebP?

Telegram Instant View (Belum) Mendukung WebP?

Rilis resmi WordPres 5.8 yang mendukung penggunaan format gambar WebP tentu menjadikan menarik untuk menggunakan WebP sebagai format utama media gambar yang digunakan di sini. Sebab selama ini juga menggunakan format WebP, namun dengan cara yang berbeda. Yakni tetap menggunakan format JPG atau PNG sebagai gambar yang diunggah, dan kemudian dikonversi menjadi WebP dengan bantuan plugin. Karena saat itu WordPress belum mendukung WebP secara native.

Metode yang “berkelok” tersebut tentu saja akan lebih memerlukan sumber daya jika dibandingkan saat ini, yang mana WordPress sudah mendukung WebP sepenuhnya. Sehingga untuk mengunggah dan menggunakan WebP tidak lagi perlu menggunakan plugin. Format gambar WebP bisa langsung diunggah dari awal. Tidak hanya menghemat ruang, tapi juga sumber daya lainnya.

Telegram Instant View dan WebP?

Lalu bagaimana dukungan aplikasi dan/atau layanan lainnya terhadap format WebP?

Google –sebagai pengembangnya– menyatakan WebP secara native juga sudah didukung di Google Chrome, Firefox, Opera, Brave, dan oleh banyak alat serta pustaka perangkat lunak lainnya. Pengembang juga telah menambahkan dukungan ke berbagai alat pengeditan gambar. (Baca: A new image format for the Web.)

Hanya saja, ketika mencoba membuat Tampilan Instan Telegram (Telegram Instant View) atas salah satu tulisan yang hanya menyediakan dan menggunakan gambar berformat WebP, hasilnya adalah:

 Resource fetch failed: https://mwahyunz.id/***/***/Tema-Gelap-1.webp

Ya, ternyata Telegram gagal mengambil gambar WebP yang dipergunakan. Sehingga tampilan instan tidak dapat dibuat, tidak tersedia. No Instant View Available katanya, dengan keterangan tambahan NO_MEDIA_FOUND alias tidak ada media yang ditemukan.

Tidak tersedianya instant view tersebut adalah bilamana menggunakan gambar dengan format WebP sebagai Cover. Namun saat dicoba untuk menghapus elemen Cover pada tampilan instan, pada Link Preview atau tinjauan tautan, thumbnail dari gambar WebP tersebut terlihat muncul.

Kesimpulan sementara, Telegram Instant View belum sepenuhnya mendukung penggunaan gambar WebP. Atau sudah, tapi belum ketemu caranya 🙂 Ya karena itu dalam beberapa waktu ini akan bersilaturahim dengan lebih intens kepada instant view. Siapa tahu ada di tempat dan bisa klop. Akan berkutat dengan Telegram Instant View lagi.

Sedikit Tambahan Info

Sebagai tambahan, ternyata Tumblr, juga belum mendukung unggahan gambar WebP. Namun, karena Tumblr sudah dibeli Automattic.Inc (pemilik WordPress), maka sah-sah saja berharap besar jika Tumblr akan mengikuti jejak WordPress. Mendukung WebP.

Tumblr juga belum mendukung unggahan gambar WebP.

Selamat berakhir pekan. Jaga kesehatan. Dan Banjarbaru seharian ini dingin sekali.

Salam,-

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan tutup Banjarbaru dengan besi dan beton. Kita masih perlu tanah dan pepohonan!
Informasi jual beli tanah rumah Kalimantan Selatan
Gulir ke Atas