Selamat datang Ramadhan 1441 H

Ramadhan dan Pandemi Kemanusiaan

Ramadhan 1441 H sudah menjelang. Selamat menjalani bulan suci ini bagi sesama muslim. Semoga segala kebaikan untuk semua. Meskipun suasana Ramadhan kali ini tak sama dengan Ramadhan yang sudah berlalu. Namun Ramadhan, adalah selalu sebagaimana Ramadhan adanya. Hanya suasana yang sedikit berbeda. Mungkin ada kebiasaan sebagian orang yang harus berubah.

Pada antara semua perubahan itu, ada satu hal yang mungkin akunya tak terpengaruh sama sekali. Itu adalah buka bersama. Ya, karena memang lebih suka dan memilih berbuka puasa di rumah. Oleh sebab itu, jika ada kawan² yang merasa sedih karena tak bisa buka bersama beramai-ramai di luar rumah pada Ramadhan kali ini, maka maaf, aku tak bisa ikut merasa sedih. Maklum, setelannya sudah berbeda begitu.

Terlepas dari apa yang berbeda (dan sepele) itu, rasa-rasanya masih jauh lebih banyak kesamaannya. Sama² sedang di atas bumi, sama² menjalani Ramadhan, sama² berpuasa, dan yang paling kontekstual, sama² berada dalam suasana yang begini rupa. Waktu yang memang sedang tidak mudah. Nyatanya, kesamaan terakhir inilah yang paling penting.

Karena saat ini ada sebagian yang sedang kesulitan karena keadaan ini. Ada mereka yang menjalani Ramadhan dengan keterbatasan. Mungkin sekali ada gundah dihatinya. Maka ini adalah waktu bagus untuk menegaskan kembali, bahwa kita memang sama² manusia. Sama ada hati dan perasaan, yang dengan itu, terbit empati.

Maka, jika boleh ada pandemi lain, biarlah pandemi itu bernama kemanusiaan. Rasa yang kemudian mewabah dan berjangkit serempak di merata tempat. Menghibur yang susah hatinya. Merangkul yang gundah jiwanya. Menggenapi yang kurang kebutuhannya. Membuat Ramadhan kali ini semakin bermakna.

Mari, kita lakukan yang kita bisa…

Salam,

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas