Pemilik Golongan Darah AB se-Kalsel, Bersatulah!

Himbauan kepada pemilik golongan darah AB se-Kalimantan Selatan. t.me/abkalsel

Perlu disampaikan terlebih dahulu, bahwa tulisan ini sama sekali tidak bermaksud meninggalkan atau mengabaikan para pemilik golongan darah lainnya. Tapi semua orang sudah tahu, bahwa pemilik golongan darah AB adalah yang paling sedikit jumlahnya. Selain itu juga, didasari oleh fakta, bahwasanya yang bikin tulisan ini juga memiliki golongan darah AB.

Mengapa dan Untuk Apa

Merupakan fakta bahwa pemilik golongan darah AB di dunia ini adalah paling sedikit. Penelitian di Stanford School of Medicine, California, Amerika Serikat, menyatakan hanya 4% penduduk dunia yang memiliki golongan darah AB. Belum lagi itu jika harus dibagi menjadi AB- dan AB+. Pengalaman pribadi ketika ikut bantu mencari pendonor darah AB untuk seorang anak, dari 300an orang di suatu institusi tertentu, hanya ada 6 orang (± 2%) dengan golongan darah AB.

Sebagai gambaran, jumlah penduduk Kalimantan Selatan tahun 2020 berdasarkan Sensus Penduduk 2020 adalah sebanyak 4.073.584 jiwa. Jika menggunakan angka 4% sebagai gambaran acuan penghitungan, maka hanya akan berjumlah ± 162,9 ribu orang yang memiliki golongan darah AB di Kalimantan Selatan. Sekitar 3,9 juta orang lainnya memiliki golongan darah A, B, dan O.

Faktor berikutnya adalah tidak semua pemilik golongan darah AB pasti dapat mendonorkan darahnya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Semakin sulit dan langka saja jadinya. Karena kelangkaan tersebut, sudah barang tentu perlu usaha ekstra jika suatu saat diperlukan donor darah AB. Karenanya, perlu untuk membangun rasa solidaritas sesama AB.

Oleh sebab itu, dengan tujuan untuk mempermudah bila suatu saat diperlukan pendonor darah AB di wilayah Kalimantan Selatan, tidak ada salahnya membangun sebuah cara dan media bersama yang dapat dipergunakan untuk membagikan informasi terkait. Baik bagi yang mencari pendonor, maupun yang berniat donor.

Bahkan bisa jadi pendonor dan penerima tidak berada dalam wilayah kabupaten/kota yang sama. Karena berdasarkan pengalaman, tidak sekali dua kami dari Banjarbaru pergi ke Banjarmasin, atau ke Martapura untuk mendonorkan darah. Hal sejenis bisa berlaku untuk wilayah lain yang saling berdekatan.

Karenanya, hai para pemilik golongan darah AB se-Kalsel, bersatulah!

Media AB Kalimantan Selatan

Untuk tujuan sebagaimana telah disampaikan, maka saat ini telah dicoba untuk membuat sebuah group bagi para pemilik golongan darah AB se-Kalimantan Selatan. Group tersebut menggunakan aplikasi perpesanan instan Telegram, dengan ID @abkalsel yang bisa diakses melalui tautan t.me/abkalsel atau dicari secara langsung pada aplikasi Telegram dengan kata kunci pencarian AB KALSEL.

Kenapa menggunakan grup Telegram?

Alasannya sederhana, karena Telegram mampu menampung jumlah anggota yang jauh lebih banyak dari pada WhatsApp. Kalau misalnya hanya untuk menampung 10.000 anggota saja, Telegram sangat mampu, bahkan bisa lebih dari itu. Sementara WhatsApp -saat ini- hanya mampu menampung 256 anggota. Belum lagi soal fitur lainnya.

Karenanya, melalui tulisan ini, saya dengan hormat mengundang seluruh pemilik golongan darah AB di Kalimantan Selatan untuk saling berbagi. Tentu saja dengan tujuan agar kita yang senasib ini dapat saling membantu. Sebab bagaimanapun, untuk keperluan darah, kita tidak bisa berharap kepada golongan darah lainnya bukan?

Kami tunggu kedatangan Anda semua, para pemilik golongan darah AB di Group AB KALSEL. Berikut adalah cara untuk bergabung dengan AB KALSEL:

  1. Instal aplikasi Telegram, baik pada ponsel maupun komputer/laptop. Tersedia untuk Android, iOS, Windows, Linux, macOS, maupun berbasis web;
  2. Buka t.me/abkalsel atau cari AB KALSEL pada aplikasi Telegram yang sudah terpasang; dan
  3. Bergabung.

Akhirul posting, semoga membawa serta menjadi manfaat dan kebaikan untuk kita semua.

#ABkalsel Promo | Silakan klik untuk mengunduh dan membagikan di manapun

___
Salam. Bahagialah selalu...

Mhd Wahyu NZ
Telegram: @mwahyunz

Tinggalkan sebuah Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *