Pelanggan Terakhir D’Master Q Mall Banjarbaru

Pelanggan Terakhir D’Master Q Mall Banjarbaru

Kurang dari 20 menit lagi akan pukul 22.00 Wita. Tadi, yang malam ini di Q Mall Banjarbaru. Para karyawan D’Master Resto yang berbaju seragam ungu nampak terlihat beres-beres. Pembayaran di kasir sudah dilakukan. Kewajiban kalau beli makan ya bayar. Tak ada pelanggan lain lagi. Tapi, kasir malam ini berbeda. Orangnya sih sama seperti biasa, pembawaannya saja yang berbeda.

Dia minta maaf, dengan tak biasanya. Minta rela atau berelaan, itu istilahnya jika dalam budaya Banjar. Kami sempat bingung apa sebabnya. Toh tidak ada yang salah. Kemudian disampaikanlah, bahwa ini adalah hari terakhir D’Master Resto di Q Mall Banjarbaru beroperasi. Kontraknya tidak diperpanjang (Mungkin maksudnya adalah kontrak sebagai tenant di Q Mall). Karyawan lain, yang sepertinya paling baru di situ, kemudian juga bilang bahwa kami adalah pelanggar terakhir D’ Master Q Mall hari ini, malam ini.

Nasi Goreng Lombok Ijo | IG D’Master Resto

Perlu beberapa kali kutanyakan, “Serius?”. Selalu saja dijawab dengan iya, benar, memang akan tutup. Sehingga mulai besok, 1 Juli 2021 praktis sudah tidak buka lagi. “Trus bagaimana aku kalau mau makan?” terucap begitu saja dariku. Maksudnya tentu saja tidak dimaknai secara literal.

Sebab sekian lama ini, kalau kebetulan lagi ke mall, dan mau makan. Ya makannya ke situ. Pilihannya juga tidak berubah dari dulu. Kalau tidak nasi pecel, ya nasi goreng lombok ijo. Kalau kebetulan siang, ya dapat dipastikan pesannya nasi pecel. Kalau malam, bisa ditukar pilihannya.

Mungkin hampir dapat dipastikan, teman² karyawan di situ tahu bagaimana model pesananku. Karena memang penyajiannya tidak standar. Walau sedikit dimodif, tapi tetap dilayani dengan baik.

Setelah yakin bahwa benar memang tidak akan beroperasi lagi. Langkah yang tadinya mau keluar untuk pulang menjadi tertahan. Aku memilih berhenti dan ngobrol sejenak dengan beberapa di antaranya. Ada yang bilang mungkin akan pindah tempat kerja, ke Banjarmasin. Ada yang bilang belum tahu. Kami berfoto, aku yang minta. Sebagai kenang-kenangan. Aku akan selalu ingat keramahan mereka. Satu di antara mereka, perempuan. Sedang hamil. Matanya berkaca-kaca.

Sangat sedikit yang bisa kuucapkan pada mereka saat itu. “Tuhan telah membuatmu dilahirkan dan hidup. Maka yakinlah Tuhan juga akan menetapkan rezekimu. Apapun yang terjadi, selalu berprasangka baiklah kepada Tuhan“.

Maafkan pula, jika selama ini mungkin aku merepotkan.

Salam,-

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id
  1. Avatar warm
    1. Avatar Mhd Wahyu NZ

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan tutup Banjarbaru dengan besi dan beton. Kita masih perlu tanah dan pepohonan!
Informasi jual beli tanah rumah Kalimantan Selatan
Gulir ke Atas