Meminta Hapus dari Peta Google

Akibat sangat jarang membuka layanan Peta Google, dan bahkan aplikasinya saja dinonaktifkan dari ponsel, ternyata baru tahu bahwa Google Street View sudah lewat di depan rumah. Baiklah, nampaknya beliau sudah jalan-jalan ke merata tempat dan motret di sana-sini. Termasuk lingkungan kediaman kami. Atau jangan-jangan ada kawan yang secara tak sengaja terpotret oleh mereka. Iya kalau lagi dalam posisi bagus. Kalau lagi pipis di pinggir jalan?

Jadi, kalau ada pihak yang berkeberatan informasi visualnya ditampilkan dalam layanan peta google tersebut, bisa saja mengajukan penghapusan. Atau mungkin tepatnya pengaburan/pemburaman. Agar informasi tersebut menjadi tidak jelas. Misal, tidak ingin gambar rumahnya ditampilkan begitu rupa. Caranya?

  1. Buka layanan peta google, paling mudah dilakukan jika menggunakan peramban internet, atau browser, bagi yang belum tahu apa itu peramban;
  2. Gunakan mode Street View, dan lihat titik/lokasi yang ingin minta dihapus;
  3. Klik tiga titik imut menu yang terdapat pada panel di pojok kiri atas layar (lihat gambar 1);
  4. Pilih “Laporkan masalah“. Setelah itu akan terbuka jendela baru, yang berisi formulir untuk diisi (lihat gambar 2);
  5. Baca petunjuk pengisian dengan cermat. Isi informasi yang diperlukan untuk penghapusan;
  6. Jika sudah yakin data yang diperlukan telah terisi dengan benar, Kirim.
  7. Selesai.

Apakah Google akan pasti mengabulkan permintaan Anda? Entahlah. Tapi yang jelas, langkah semacam itu sudah saya lakukan, dan foto rumah saya sudah buramkan oleh Google. Terima kasih untuk itu. Buktinya? Lah… dari Google Street View saja saya sudah minta hapus, kenapa pula mau menampilkan di sini.

Berikut gambar terkait langkah-langkah di atas:

Meminta Hapus dari Peta Google
Gambar 1. Panel menu untuk melaporkan masalah
Meminta Hapus dari Peta Google
Gambar 2. Formulir isian pelaporan masalah.

Catatan:
Lokasi sebagaimana pada gambar adalah contoh belaka, dan tidak menunjukkan rumah siapapun. Anggap saja pucuk tiang listrik itu rumah entah siapa.

Salam,

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas