Membangun “Rumah Rakat Online” di Kota Banjarbaru

Rakat Online - eRPP KPU Kota Banjarbaru

Sebagai akibat isi kepala yang bergerak kian kemari dan tentu saja itu memerlukan energi sejumlah tertentu yang biasanya disuplai oleh teh panas, beberapa camilan, dll. maka akan sangat mubazir rasanya kalau tidak diarahkan kepada sesuatu yang yaaa… katakanlah bisa bermanfaat, sedikit atau banyak manfaatnya tidak jadi soal dan tidak perlu dipersoalkan.

Jadilah selama beberapa hari ini, di sela pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta menunggu datang tidaknya siapapun yang ingin jadi peserta Pemilihan di Kota Banjarbaru pada tahun 2020 melalui jalur perseorangan, energi tersebut disalurkan untuk kemudian membuat fasilitas pendidikan pemilih untuk KPU Kota Banjarbaru yang bisa diakses secara daring (online).

KPU Kota Banjarbaru memang sudah memiliki fasilitas untuk pendidikan/pembelajaran Pemilu, yang dinamakan Rumah Pintar Pemilu Suara Rakyat atau RPP Rakat. Yang pada 26 April 2017 lalu diresmikan secara langsung oleh Bang Viryan, Anggota KPU RI.

Hanya saja, RPP Rakat itu bersifat fisik. Menggunakan tempat berupa bangunan. Siapa saja yang ingin menggunakannya, sekalipun bebas dan tanpa dipungut biaya, minimal memerlukan waktu khusus untuk mengunjunginya. Maka kemudian memang perlu ada sebuah layanan bagi yang mau mengetahui tentang Pemilu tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.

Setelah berpikir dan merenung, Jadilah kemudian sebuah kalimat sederhana nan indah mempesona namun jelas: Belajar Pemilu bisa dari mana saja dan kapan saja. Itu kemudian bisa menjadi sebuah slogan, tagline, atau apapun namanya, hanya saja intinya adalah itulah prinsip dasarnya. Siapa saja bisa mengetahui tentang apa itu Pemilu dan sejumlah hal terkait dengannya, dari mana saja dan kapan saja. Mau sambil rebahan di kamar tidur juga bisa. Asal jangan sambil nyetir.

Walhasil, jadilah kemudian apa yang dinamakan Rakat Online: Rumah Pintar Pemilu Online KPU Kota Banjarbaru. Sebuah fasilitas pendidikan pemilih yang bisa digunakan oleh siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja.

Ibarat rumah, dapat dikatakan Rakat Online adalah RSS (Rumah Sangat Sederhana), meskipun bukan RSSSSSSSSSSSSSSSSSS (Rumah  Sangat Sederhana Sekaligus Sempit Sekali Sehingga Sampai-Sampai Selonjor Saja Sangat Sulit Sementara Setiap Sebulah Sekali Selalu Setor), masih tahap awal, baru dibikin. Masih bisa (-dan bahkan harus-) dikembangkan lebih lanjut. Macam rumah tumbuh laaah.

Sementara menunggu pembangunan lebih lanjut, bagi yang ingin berkunjung bisa ketuk pintunya dengan cara klik » Rakat Online: Rumah Pintar Pemilu Online KPU Kota Banjarbaru.

Ada Tanggapan?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas