Maret dan Bandara Syamsudin Noor

Maret dan Bandara Syamsudin Noor

Sepertinya ada hubungan yang menarik antara Bandara Syamsudin Noor yang terletak di Kota Banjarbaru dengan bulan Maret. Hal tersebut setidaknya dapat terlihat dalam dua buah berita (– sengaja dikutipkan dari media yang sama –), yakni berita yang ini dan yang itu. Jika Anda sudah selesai membaca keduanya, setidaknya baca judulnya, mungkin sudah mafhum dengan apa yang dimaksudkan.

Ya tiada lain, memang soal pengembangan Bandara Syamsudin Noor, yang merupakan bandar udara utama di Provinsi Kalimantan Selatan, dan persisnya terletak di Kota Banjarbaru, ±30 menit jika ditempuh dari pusat kotanya.

Sudah sekian waktu pengembangan bandara ini digaungkan untuk dilaksanakan, namun nyatanya terkendala oleh beberapa hal yang tidak usah dibahas lagi saja, yang penting jangan sampai diulang lagi. Prinsipnya, bandara adalah fasilitas strategis dan vital bagi daerah, maka barang siapa yang mengakibatkan terganggunya pengembangan bandara hanya bagi kepentingan diri pribadinya, maka sungguhlah terlalu.

Kabarnya pengembangan Bandara Syamsudin Noor ini akan dilaksankan dalam beberapa tahap, sampai dengan nanti terakhir tahun 2047. Pada tahap awal akan dilaksanakan:

  • Perluasan terminal menjadi 50.359 m² yang dapat menampung hingga 6 juta penumpang per tahun;
  • Perpanjangan runway hingga 3000×45 m²;
  • Perluasan appron berkapasitas hingga 18 pesawat; dan
  • Perluasaan terminal kargo.

Berhubung Maret 2016 sudah lama berlalu, kini kita tinggal menunggu Maret 2017 (2018, 2019, dst…), bagaimana realisasinya. Berhubung hanya bisa bantu dengan doa, ya jadinya turut mendoakan saja, semoga berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat. Serta tentu saja sangat berharap agar:

Jangan sampai kelak muncul lagi berita yang lebih kurangnya menyatakan, pengembangan Bandara Syamsudin Noor akan direalisasikan mulai Maret 2018

Kalau sampai itu terjadi, maka mungkin tidak ada salahnya untuk sekaligus saja diusulkan agar Maret diperingati sebagai “Bulan Rencana Pengembangan Bandara Syamsudin Noor”. Tapi tentu saja jangan sampai terjadi, kita doakan bersama. Silakan klik like dan ketik aamiin jika Anda sependapat.

Aamiin.

Salam,-

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id
  1. Avatar Rd

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan tutup Banjarbaru dengan besi dan beton. Kita masih perlu tanah dan pepohonan!
Informasi jual beli tanah rumah Kalimantan Selatan
Gulir ke Atas