Pengantar tentang komentar dan berkomentar pada mwahyunz.id

Kebijakan Komentar

Kebijakan Komentar

Pendahuluan

Siapapun dapat menyampaikan komentar/pendapat terhadap apa yang dituliskan pada media mwahyunz.id ini, karena saya percaya setiap orang berhak untuk berpendapat dan menyampaikan pendapatnya itu. Tentu saja, setiap komentar/pendapat yang disampaikan, sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulisnya atau pemberi komentar.

Perlu Diperhatikan

Sehubungan dengan pemberian komentar, berikut disampaikan sejumlah hal yang terdiri dari hal wajib, boleh, dan dilarang dalam pemberian komentar pada media mwahyunz.id

  1. Penulis komentar harus menuliskan nama dan alamat surel/email pada ruas yang disediakan. Meskipun anonimitas dimungkinkan, tapi tidak diperkenankan untuk menggunakan nama dan/atau surel milik orang lain. Jadilah diri sendiri, itu lebih baik.
  2. Penulis komentar tidak diharuskan mengisi ruas alamat situs web. Silakan isi jika memang memilikinya, atau biarkan kosong jika tidak memilikinya.
  3. Penulis komentar dapat memilih untuk menyimpan atau tidak menyimpan nama, surel, dan situs web pada perambannya dengan cara mencentang atau tidak mencentang kotak persetujuan yang tersedia pada setiap formulir komentar.
  4. Penulis komentar tidak diwajibkan menggunakan bahasa tertentu dalam komentarnya. Silakan gunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Banjar, atau lainnya. Disarankan untuk menggunakan bahasa yang dapat difahami atau dimengerti oleh orang banyak.

Beberapa hal yang disampaikan di atas adalah terkait dengan sejumlah hal teknis dalam berkomentar. Sementara secara khusus sehubungan dengan substansi atau konten komentar disampaikan sebagai berikut:

Mengingat komentar adalah menjadi tanggung jawab pemberi komentar, maka disarankan untuk memberikan komentar/pendapat yang relevan dengan tulisan/artikel yang diterbitkan. Saya menegaskan bahwa saya tidak menyetujui hal-hal yang termasuk dalam kategori pelanggaran hukum di wilayah Republik Indonesia. Meskipun demikian, saya tidak akan menghapus komentar yang termasuk kategori itu terkecuali diwajibkan oleh hukum.

 

Saya percaya bahwa kita sudah terbiasa berbeda pendapatan, maka tentu akan sangat biasa jika sekedar berbeda pendapat. Hanya saja yang pelu diingat adalah kita tidak sendiri. Kebebasan yang kita miliki akan dibatasi oleh kebebasan orang lain.

Kenapa komentar saya tidak langsung tampil?

Setelan standar pada media ini adalah komentar tidak dimoderasi. Namun jika Anda mengirimkan komentar, dan sudah yakin benar, namun komentar tidak langsung ditampilkan, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya: bisa jadi karena akismet, atau fungsi teknis lain dari media ini yang sedang terkendala. Sampaikan saja melalui kontak.

Penutup

Hal lain terkait dengan data dan/atau penggunaan data pribadi Anda dalam pemberian komentar dapat dibaca pada halaman Kebijakan Privasi media mwahyunz.id yang menjadi satu kesatuan dan saling melengkapi dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum dalam halaman ini.

Demikian disampaikan. Terima kasih atas perhatian dan pemahaman.

_
Salam. Bahagialah selalu...

Mhd Wahyu NZ
Telegram | Facebook