Kembali Terang Akibat WordPress 5.8

@mwahyunz.id
Tampilan mwahyunz.id sebelumnya yang bertema gelap.

WordPress baru saja merilis pembaruan resmi ke versi WordPress 5.8 yang dapat dikatakan merupakan sebuah major update. Salah satu pembaruan utamanya yang menarik adalah kini WordPress sudah mendukung format gambar WebP. Biasalah, diawali dengan perubahan yang menarik secara pribadi terlebih dahulu. Karena memang menyukai gambar format WebP ini, yang sangat irit.

Sebagai informasi tambahan, gambar di atas merupakan gambar berformat WebP, yang diunggah langsung dari awal sebagai WebP. Format awal gambar tersebut adalah JPG dan berukuran ±508KB. Namun setelah dijadikan WebP, ukurannya berkurang jauh menjadi ±91KB. Tapi ini sayangnya format WebP masih belum didukung oleh sejumlah hal lain. Bukan WordPressnya, tapi layanan lain. Misalnya, Instant View Telegram masih belum mendukungnya. Mudahan segera akan.

Perubahan berikutnya yang ada pada WordPress 5.8 adalah pengelolaan widget yang kini berbasis Blok, menggunakan Block Editor. Setiap area widget tema WordPress akan ditampilkan sebagai tab di penyunting blok. Kita dapat menambahkan widget sebagai blok ke bilah sisi dan area lain yang mendukung widget. OK, bagian ini sudah agak merepotkan -khusus- di sini. Karena widget di mwahyunz.id ini diatur sedemikian rupa. Misalnya, ada yang tampil di peramban internet pada PC, tapi tidak ditampilkan di ponsel. Ada yang hanya tampil di halaman tertentu, lainnya tidak.

Bagi yang merasa lebih suka mengatur widget sebagaimana sebelumnya, maka masih bisa dilakukan dengan bantuan plugin Widget Klasik alias Classic Widgets. Instal dan aktifkan plugin tersebut, maka pengelolaan widget akan segera tampil sebagaimana sebelumnya. Macam yang biasa dahulu. Jika nanti pengelolaan widget di sini sudah bisa dengan yang baru, maka bisa jadi tidak akan lagi menggunakan bantuan plugin tersebut.

Perubahan utama lainnya yang dibawa WordPress 5.8 adalah adalah Penyunting Templat atau Template Editor. Ini merupakan fitur baru yang dibawa WP 5.8 yang memungkinkan pengguna membuat, menetapkan, dan mengedit templat blok ke tulisan dan halaman tertentu. Daaaan… fitur inilah yang paling merepotkan di sini. Entah di blog lain. Merepotkannya adalah, setelah melakukan update ke WP 5.8 dengan tema gelap yang digunakan di blog ini, ternyata di bagian teks editor, tempat buat ngetik tulisan itu, tidak sinkron dengan tema.

Alhasil, yang seharusnya dengan warna latar yang gelap dan warna teksnya terang, ternyata setelah dilakukan pembaruan ke WordPress 5.8, warna latar di editor menjadi terang dan warna teksnya juga terang, sama-sama putih. Lah…. kan jadi tidak bisa terlihat teks yang diketik/tulis.

Memang pada preferensi penyunting blok tersedia fitur untuk membuat tampilan editor menjadi sebagaimana tema. Biar bisa sinkron. Tapi sudah dicoba-coba mengaktifkan dan menonaktifkannya, ternyata masih tidak bisa juga sesuai tujuan. Maka besar dugaan sementara ini ada hubungannya dengan tema yang dipergunakan. Katakanlah semacam masih belum kompatibel. Sebab itulah, untuk sementara ini blog ini kembali ke mode terang benderang.

Sementara lainnya adalah, tetap saja akan berusaha mencari tahu, kenapa hal itu bisa terjadi. Jika nanti sudah ketemu penyebab pastinya, baru akan diputuskan kemudian, apakah akan tetap terang sebagaimana -sementara- saat ini, atau kembali ke mode gelap. Sekalipun tidak gelap gulita.

Oh iya, bagi yang ingin mencoba menggunakan peyunting templat di WordPress 5.8 ini, tapi belum menemukannya di penyunting blok yang ada, itu karena dia standarnya dinonaktifkan. Nah, untuk mengaktifkannya, silakan tambahkan baris kode berikut pada berkas functions.php tema yang digunakan:

add_theme_support( 'block-templates' );

Sudah. Begitu saja. Sekalian info, Banjarbaru malam sampai subuh ini dingin 😀

___
Salam. Bahagialah selalu...

Mhd Wahyu NZ
Telegram: @mwahyunz

Tinggalkan sebuah Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *