Kota Banjarbaru terapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarbaru?

(Jika) Kota Banjarbaru (Jadi) Terapkan PSBB

Ini memang tentang perkembangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sudah ada berita di media bahwa Kota Banjarbaru sedang bersiap untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu menyusul diterapkannya PSBB di Kota Banjarmasin. Kota Banjarbaru bersama dengan Kota Banjarmasin, Kab. Banjar, Kab. Barito Kuala, dan Kab. Tanah Laut juga dikenal dengan istilah Banjarbakula di Kalimantan Selatan. Pemprov Kalsel juga telah melaksanakan rapat koordinasi terkait dengan penerapan PSBB di Kota Banjarmasin.

Sampai dengan saat ini memang belum bisa dipastikan apakah Kota Banjarbaru akan turut menerapkan PSBB. Tapi setidaknya, Senin (20/04) kemarin, Wali Kota Banjarbaru menyatakan melalui media bahwa Kota Banjarbaru siap mengambil kebijakan menerapkan PSBB. Tujuannya selain mendukung keputusan Wali Kota Banjarmasin, juga memutus mata rantai penyebaran Virus Corona yang mengkhawatirkan.

Seandainya PSBB jadi diterapkan di Kota Banjarbaru?

Rasanya-rasanya, kita harus sepakat terhadap sebuah hal paling mendasar terlebih dahulu, bahwa ikhtiar apapun yang dibenarkan, untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga, patut untuk didukung. Rasanya kita tidak akan berselisih faham, bahwa keselamatan manusia, siapapun dia, jauh lebih penting.

Maka mungkin akan banyak orang dan bidang yang terdampak. Banyak orang yang terganggu nafkahnya. Banyak yang sulit atau bahkan terhenti pencariannya. Jika begitu adanya, maka yang sedang diuji bukanlah saudara² kita yang terdampak. Bukan mereka yang (kemudian) kesulitan yang tengah mendapatkan ujian, sekalipun benar harus bersabar.

Yang sebenar sedang diuji adalah mereka yang berkecukupan dan berkemampuan. Pada saat seperti ini, kepedulian kita semua sedang diuji. Sementara itu, biarlah segala teori ekonomi dipikirkan oleh para ahlinya. Biarlah segala keputusan diambil oleh para pembuatnya, doakan agar bijaksana dan membawa kebaikan. Kita yang warga kebanyakan, mengambil porsi sesuai keadaan masing². Semoga semuanya akan segera kembali menjadi baik² saja.

Salam,

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas