Himbauan Yang Dinilai Berbahaya Oleh SalamWeb

Ketika sebuah himbauan untuk waspada dimaknai keliru oleh mesin

Sabtu (24/08) kemarin secara sengaja mencoba sebuah aplikasi peramban internet bernama SalamWeb. Aplikasi peramban yang dikembangkan oleh Salam Web Technologies yang bermarkas di Malaysia, yang menyebut fiturnya sendiri sebagai penjelajah web hahal dan berbasis syariah untuk kaum Muslim. SalamWeb dikembangkan dengan Chromium, sebagaimana peramban internet Chrome, Opera, dan sejumlah aplikasi peramban lainnya.

Sementara sebelumnya, yakni beberapa hari lalu, melalui blog mwahyunz.id ini diterbitkanlah sebuah catatan berjudul Ngeri, Potensi Penyebaran HIV di Banjarbaru. Sebuah catatan yang pada dasarnya mencoba meningkatkan perhatian kita, khususnya bagi warga Kota Banjarbaru, akan potensi penyebaran HIV yang sudah dirasakan mengkhawatirkan. Sebuah himbauan agar kita waspada. Lengkapnya silakan baca langsung catatan dimaksud, dan semoga dapat memahami maksudnya.

Apa hubungan antara kedua hal tersebut?

Hubungannya adalah, ketika mencoba mengakses mwahyunz.id ini, semua baik-baik saja, berjalan sebagaimana harusnya. Namun ketika membuka tulisan sebagaimana dimaksud di atas menggunakan SalamWeb, halaman tak terbuka secara langsung. SalamWeb justru menampilkan sebuah peringatan dengan pesan yang tertulis: Awas konten berbahaya!

Kenapa hal itu bisa terjadi? Entahlah. Mungkin juga hal itu disebabkan oleh fitur SalamProtect yang digunakan oleh SalamWeb. Meskipun tetap bisa dilanjutkan untuk membuka halaman tersebut, namun secara asali (default), SalamWeb rupanya menilai tulisan tersebut berbahaya. Entah dimana bahayanya. Bisa pula hal tersebut merupakan sebuah ketidaksengajaan, sebuah false positive. Sebagaimana kadang juga terjadi pada piranti lunak antivirus, yang kadang menyatakan hal yang sebenarnya tidak berbahaya sebagai virus.

Namun sebagai dugaan, mungkin SalamWeb melakukan analisis terhadap konten dan menemukan sejumlah hal yang terkait dan sesuai dengan parameter tertentu yang telah ditetapkan oleh SalamWeb secara standar sebagai sesuatu yang membahayakan atau tidak pantas, sehingga kemudian memunculkan peringatan tersebut. Tapi apapun itu, dan terkait dengan apa yang terjadi dengan tulisan tersebut, usaha SalamWeb tetap patut dihargai. Semoga menjadi lebih baik dan bermanfaat.

_
Salam. Bahagialah selalu...

Mhd Wahyu NZ
Telegram | Facebook