Hamdi Ulukaya: The anti-CEO Playbook
Hamdi Ulukaya. Pendiri dan CEO Chobani. (The anti-CEO Playbook)

Hamdi Ulukaya: Buku Pedoman Anti-CEO

Catatan ini sebenarnya merupakan terjemahan bebas dan penggalan dari presentasi yang disampaikan Hamdi Ulukaya dalam sebuah konferensi TED pada April 2019 lalu. Jadi, anggap saja ini sebagai sebuah kliping pribadi. Presentasi berjudul The anti-CEO Playbook ini sangat bagus dan menarik. Meskipun tentang bisnis, tapi tidak sekedar bisnis.

Hamdi Ulukaya adalah pendiri Chobani, salah satu perusahaan makanan dengan pertumbuhan tercepat dalam dekade terakhir. Carilah informasi tentangnya jika belum mengetahui, maka Anda akan mendapatkan informasi menarik dan luar biasa.

Izinkan saya memberi tahu Anda tentang apa sebenarnya Buku Pedoman anti-CEO ini. Buku pedoman anti-CEO adalah tentang rasa terima kasih. Bisnis hari ini mengatakan: bisnis ada untuk memaksimalkan keuntungan bagi para pemegang saham. Saya pikir itu ide paling bodoh yang pernah saya dengar dalam hidup saya. Pada kenyataannya, bisnis harus menjaga karyawan mereka terlebih dahulu.

Buku Pedoman Anti-CEO baru adalah tentang komunitas. Saat ini, bisnis -yang sudah memiliki semuanya- bertanya kepada masyarakat, “Apa keringanan pajak dan insentif yang dapat Anda berikan kepada saya?” Kenyataannya adalah, bisnis harus menjumpai komunitas yang berjuang dan bertanya, “Apa yang bisa saya bantu?”. Cara baru bisnis adalah komunitas.

Buku Panduan anti-CEO adalah tentang tanggung jawab. Buku pedoman hari ini mengatakan, bisnis harus menjauh dari politik. Kenyataannya adalah bisnis, sebagai warga negara, harus memihak. Cara baru adalah, bisnis, bukan pemerintah, dalam posisi terbaik untuk membuat perubahan di dunia saat ini. Bisnislah yang harus memihak.

Dan terakhir, Buku Pedoman anti-CEO adalah tentang akuntabilitas. Buku pedoman hari ini mengatakan, CEO melapor kepada dewan perusahaan. Menurut pendapat saya, CEO melapor kepada konsumen, karena konsumen berkuasa. Itulah alasan mengapa bisnis ada. Andalah yang berkuasa untuk melakukan perubahan.

Jika Anda benar dengan orang-orang Anda, jika Anda benar dengan komunitas Anda, jika Anda benar dengan produk Anda, Anda akan lebih menguntungkan, Anda akan lebih inovatif, Anda akan memiliki lebih banyak orang yang bersemangat bekerja untuk Anda dan komunitas yang mendukung Anda. Dan itulah tujuan dari Buku Pedoman anti-CEO ini.

Banyak orang dan tempat di seluruh dunia yang telah ditinggalkan. Namun semangat mereka masih kuat. Mereka hanya menginginkan kesempatan lain, mereka ingin seseorang memberi mereka kesempatan lagi, tidak sekedar membangun kembali, tetapi membangun lebih baik dari sebelumnya. Dan ini adalah perbedaan antara laba atas investasi dan laba atas kebaikan. Inilah perbedaan antara laba dan kekayaan sejati.

Hamdi Ulukaya

Itulah sebagian atau penggalan paparan Hamdi Ulukaya dari presentasi sepanjang tujuh belas menit. Berikut video lengkapnya, “The anti-CEO Playbook“.

Salam,

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas