Cara Merekam Zoom Meetings Tanpa Izin Host

Cara Merekam Zoom Meetings Tanpa Izin Host

Pernah mengikuti kegiatan daring yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom? Tapi karena satu dan lain hal tidak bisa sepenuhnya mengikuti (terlebih lagi jika dari rumah)? Jika pernah, maka tentu solusi yang paling mudah adalah dengan merekamnya, sehingga kemudian bisa disaksikan ulang.

Zoom menyediakan fasilitas untuk melakukan perekaman, tapi tidak selalu bisa dilakukan. Karena memerlukan izin host. Sementara si Host tidak mungkin memahami seluruh latar belakang peristiwa kenapa kita perlu untuk merekamnya. Maka kemudian, perlu juga untuk merekam zoom sekalipun tanpa izin host.

Cara merekam Zoom Meetings sekalipun tanpa adanya izin host yang akan disampaikan pada catatan ini adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yakni menggunakan OBS Studio, sebuah perangkat lunak sumber terbuka (open source) dan gratis untuk perekaman video dan siaran langsung.

Mengapa OBS Studio? Tidak ada alasan khusus, hanya ada alasan personal. Karena terbiasa menggunakannya. Namun demikian, prinsip kerja yang sama mungkin bisa diterapkan dengan mempergunakan aplikasi pihak ketiga lainnya. Untuk itu, silakan mencoba sendiri dengan aplikasi sejenis, atau setidaknya aplikasi lain yang fitur dengan cara kerja yang sama.

Keperluan Perekaman

  • Aplikasi Zoom dan OBS Studio, yang sudah terpasang/terinstal pada komputer yang akan digunakan. Instal dulu jika belum. Tidak perlu menginstal di banyak perangkat, cukup yang digunakan saja.
  • Seperangkat komputer (PC, laptop, dan lain sejenis), yang dapat diperoleh dengan cara dibayar tunai maupun kredit. Itu tidak ada hubungannya, yang penting bisa berfungsi dengan baik.
  • Koneksi internet. (Masa iya sih ini harus dijelaskan lagi sebabnya kenapa?)
  • Doa.

Cara Merekam Zoom Meetings

Sebelumnya, sangat disarakan -bagi yang belum tahu- untuk mengenali dua bagian utama dalam aplikasi OBS Studio untuk keperluan perekaman Zoom Meetings menggunakan OBS Studio ini. Kedua bagian utama tersebut adalah Sumber dan Kontrol. Sebagaimana diperlihatkan dalam gambar berikut:

Merekam Zoom Meetings Tanpa Izin Host menggunakan aplikasi OBS Studio
Tangkapan Layar Aplikasi OBS Studio untuk merekam Zoom

Berikut adalah cara merekam Zoom Meetings menggunakan aplikasi OBS Studio berdasarkan pengalaman pribadi:

  1. Pastikan Anda sudah masuk pada pertemuan Zoom dan menjalankan aplikasi OBS Studio.
  2. Pada bagian Sumber, tambahkan Tangkapan Jendela; Pastikan itu adalah [Zoom.exe]: Zoom Meeting, untuk opsi lainnya (Metode Tangkapan dan Prioritas Kecocokan Jendela) pada saat menambahkan Tangkapan Jendela sebagai sumber, silakan atur sesuai selera. Asal bisa berfungsi. Untuk menambahkan sumber, klik tanda + (tambah), untuk mengaturnya, klik ikon gear.
  3. Jika sumber sudah diatur dengan baik, dan jendela Zoom Meeting (berikut audionya) muncul dengan baik pada OBS Studio, maka klik tab Mulai Merekam pada bagian Kontrol untuk memulai perekaman.
  4. Ketika perekaman sudah berjalan, dipersilakan bagi yang ingin melakukan kegiatan lain. Misalnya harus mencuci, mengepel lantai, memperbaiki atap yang bocor, dll. Jangan lupa klik tab Berhenti Merekam pada bagian Kontrol jika dirasa sudah cukup atau selesai.
  5. Tentu saja pada antaranya seluruh proses tersebut sangat disarankan untuk berdoa. Misalnya berdoa agar koneksi internet tetap lancar, atau jaringan listrik tidak padam, atau peserta tidak ditanyai satu per satu sementara Anda sedang tidak di tempat.

Ketika Anda sudah mengklik tab Berhenti Merekam, maka rekaman Zoom Meetings akan disimpan secara otomatis dalam format video. Untuk mengetahui lokasi di mana berkas tersebut berada, silakan buka melalui bagian Kontrol:

Pengaturan » Output » Rekaman » Jalur Rekaman

Selamat mencoba, dan gudlak.


Demikian lebih kurangnya cara merekam Zoom Meetings sekalipun tanpa izin Host. Sekali lagi, catatan ini dibuat berdasarkan pengalaman dan kebiasaan pribadi, sehingga ini bukanlah satu-satunya cara yang dapat dipergunakan. Silakan bandingkan setiap cara yang bisa diketahui, dan putuskan menggunakan cara yang paling sesuai dengan keinginan/kebutuhan.

Sebagai catatan khusus, jika ternyata kemudian ada yang melakukan kegiatan perekaman dengan berbekal informasi yang diperoleh dari catatan ini, maka perlu ditegaskan dengan hormat, bahwa silakan pergunakan cara ini untuk hal-hal atau kepentingan yang sah dan baik, yang tidak melanggar hukum, etika, dan/atau moral.

Karena bisa jadi, Host tidak mengizinkan karena persoalan teknis semata. Sementara pada sisi lain tidak ada masalah untuk merekam Zoom Meetings berkenaan. Misalnya untuk merekam materi pelajaran, materi sosialisasi, dan lain-lain yang pada dasarnya tidak dilarang untuk direkam.

Demikian. Dicatat dari Banjarbaru yang sore ini cukup gerah.

Salam,

Mhd Wahyu NZ

Tinggalkan sebuah Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir Ke Atas