Ilustrasi. Pemilih sedang mencermati DCT Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru. ©mwahyunz

Calon Walikota & Wakil Walikota Banjarbaru 2020

Pada tahun 2020 nanti, Kota Banjarbaru akan menjadi salah satu daerah yang akan turut menjadi bagian dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Yakni dengan akan diadakannya pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru. Demikian pula halnya dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, yang warga Kota Banjarbaru juga akan turut mengikutinya. Keduanya sama, yakni untuk masa jabatan sampai dengan tahun 2024 sesuai pasal 2017 ayat 7 UU Nomor 10 Tahun 2016.

Siapa saja yang akan mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Banjarbaru pada Pilkada Banjarbaru 2020 mendatang? Atau siapa yang akan diajukan oleh partai/gabungan partai politik maupun jalur perseorangan?

Saat ini memang nampaknya sudah mulai terdengar selentingan kabar tentang siapa yang akan maju sebagai apa. Silakan, dan boleh boleh saja. Apakah penyebaran kabar tersebut dilakukan secara sengaja, atau tidak sengaja, tidak ada masalah. Hanya saja memang, secara pribadi saya tak mungkin bisa ikut serta dalam menyebarkan kabar-kabar tersebut, dengan mengatakan bahwa yang sudah fix akan maju adalah ……, kecuali sudah dimulai masa pendaftaran dan kemudian penetapan pasangan calon.

Karena itulah kemudian, perencanaan anggaran penyelenggaraan Pilkada Banjarbaru 2020 yang dilakukan oleh KPU Kota Banjarbaru menjadi sesuatu yang menarik. Ada analisis yang harus dilakukan, karena tidak ada metode formal dan baku yang dapat digunakan untuk menghitung berapa pasangan calon yang diperkirakan maju pada pilkada. Pada sisi lain, jumlah pasangan calon sudah pasti sangat mempengaruhi penganggaran. Contoh nyata adalah untuk fasilitasi kampanye pasangan calon. Sudah pasti pula jumlah biaya yang diperlukan untuk memfasilitasi kampanye tersebut akan berbeda antara dua pasangan calon dengan empat pasangan calon.

Karenanya, jika saat ini bicara tentang Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Banjarbaru pada Pilkada 2020 mendatang, yang bisa disampaikan hanyalah bahwa kami di KPU Kota Banjarbaru memang telah mempersiapkan anggaran untuk 4 (empat) pasangan calon. Yang terdiri dari dua pasangan calon yang berasal dari partai/gabungan partai politik, dan dari jalur perseorangan/indipenden. Jumlah pasangan calon ini adalah untuk kepentingan perencanaan, bukan yang pasti akan tersedia. Namun demikian, kami pikir itu adalah jumlah yang moderat, dengan berbagai analisis dan pertimbangan.

Sementara untuk masyarakat Kota Banjarbaru, silakan gunakan mata, telinga, pikiran, dan perasaan dengan sebaik mungkin. Silakan pilih nanti siapa yang dinilai akan menjadi pemimpin yang terbaik dari pilihan yang ada. Itu sepenuhnya adalah hak masyarakat. Tim sukses/pendukung, atau apapun namanya, sudah pasti akan menyampaikan bahwa calon mereka adalah sebaik-sebaik calon yang ada. Pada akhirnya, setiap pemilih yang akan mengetuk palu akhirnya, siapa yang akan dipilih. Itu hak Anda. Mutlak.

Salam,

Mhd Wahyu NZ © mwahyunz.id

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas