Belajar dari ‘Kerusakan’ Philadelphia

Suatu Hari di Philadelphia
Pada suatu hari di Philadelphia. (kimgary | YouTube)

Jika suatu saat Anda membuka YouTube, dan tentu saja jika mau, maka sesekali cobalah untuk membuka kanal bernama kimgary. Ia menyatakan, “Saya ingin menunjukkan kepada Anda aspek positif dan negatif dari Amerika. Alasan mengapa saya memposting penggambaran negatif adalah karena saya ingin menyorot sisi kehidupan Amerika ini secara jujur. Terserah masing-masing orang untuk menilainya.”

Mungkin kimgary bukan satu-satunya yang memposting video sejenis, tapi setidaknya ia sangat up to date. Lebih kurang dua tahun lalu VOA Indonesia juga pernah menampilkan permasalahannya. Itu juga kalau tidak salah ingat, apakah VOA Indonesia, atau hanya VOA saja. Terlepas dari itu, kita memang sangat patut, bahkan harus belajar dari yang terjadi di Philadelphia itu.

Kimgary memberikan gambaran apa yang terjadi di kawasan Kengsington Ave, Philadelphia, Amerika Serikat. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin akan kaget. Saya pun kaget, karena tidak pernah melihat hal macam itu di sini, setidaknya di Kalimantan Selatan, apalagi Banjarbaru. Tak hanya orang luar, orang lama Philadelphia merasa kaget sekarang jadi begitu. Kita sangat patut untuk bersyukur.

Ada beberapa hal yang membuat kaget dalam video-video yang dipublikasikan oleh kimgary tersebut.

Pertama dan terutama adalah perihal terlihat bebasnya para pecandu narkoba berada di jalan utama. Para pecandu itu mungkin sudah bercampur dengan para tunawisma. Jika dilihat dalam video, nampak sekali bagaimana mereka dalam keadaan teler berat. Tak sanggup saya membayangkan jika itu terjadi di sini. Bagaimana orang lain lalu lalang, bahkan anak-anak harus melewati mereka.

Hal kedua adalah kebersihan. Kaget juga melihat betapa joroknya ruas jalan utama pada sebuah kota besar, pada sebuah negara yang konon adidaya. Hal yang tak pernah dilihat di sini. Seumur-umur tinggal di Banjarbaru, tidak pernah melihat tingkat kejorokan yang sama. Pernah ada jorok, tapi itu pada beberapa titik tempat pembuangan sampah sementara, yang isinya meluber.

Tapi jika harus memilih, maka sudah pasti yang lebih mengerikan adalah soal narkotika itu. Sungguh mengerikan. Itu bisa menimbulkan banyak sekali ‘kerusakan’. Konon, para pecandu dari luar Philadelphia juga lebih memilih datang ke Philadelphia untuk mendapatkan narkotik yang relatif lebih mudah. Plus juga itu ada narkotika jenis baru, yang muncul beberapa tahun terakhir ini saja.

Maka sudah sangat harus untuk belajar dari kerusakan yang terjadi di Philadelphia sana. Siapa saja, baik sebagai pribadi, maupun insitusi. Tentu saja mengambil pelajaran agar jangan sampai terjadi di sini. Dan tentu saja lagi, kita bisa belajar tanpa perlu perjalanan dinas, tanpa perlu menggunakan anggaran negara/daerah.

Sementara, mari ucapkan ta’awudz…
أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Salam,

Mhd Wahyu NZ

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir Ke Atas