71 Tahun Kalimantan Selatan

Logo Resmi Peringatan Hari Jadi ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan

14 Agustus 2021 merupakan hari jadi ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan. Tanggal 14 Agustus 1950 merupakan tanggal dibentuknya Provinsi Kalimantan, setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS), dengan gubernur Dokter Moerjani. Itu sejarah sangat singkatnya, selain dan selebihnya bisa dicari di laman-laman yang bertebaran di internet ini.

Tema peringatan hari jadi ke-71 Kalsel pada tahun 2021 ini adalah “Rukui Hajat, Gawi Basumangat, Banua Harat“. Terus terang untuk memahami tema ini saya harus menghubungi beberapa kawan yang diduga keras masih menguasai banyak sekali kata-kata bahasa Banjar. Untuk hal ini tolong dipahami bahwa patut diduga rerata anak muda yang tumbuh kembangnya di Banjarbaru, memiliki keterbatasan dalam penguasaan Bahasa Banjar asli. 😉

Maka dengan segala keterbatasan, saya memaknai tema tersebut adalah:
dengan kesamaan/kesatuan visi (rukui hajat), serta semangat kerja (gawi basumangat, kerja dengan bersemangat), maka daerah ini akan bisa menjadi hebat (banua harat).

Sementara untuk logo resmi peringatan hari jadi ke-71 Prov. Kalimantan Selatan adalah sebagaimana di atas. Menampilkan angka 71 dan siluet seorang penari dengan disertai keterangan tambahan lainnya. Menurut penjelasan resmi, siluet penari itu adalah Tari Baksa Kambang atau tari selamat datang untuk menggambarkan masyarakat Kalimantan Selatan yang selalu ramah dan terbuka kepada siapa saja yang ingin bertamu ke daerahnya.

Terhadap tema dan logo resmi tersebut, saya memberikan perhatian lebih kepada frase “rukui hajat” dan elemen siluet penari. Frase rukui hajat tersebut kemudian saya ringkas menjadi prinsip persatuan/kesatuan, sementara elemen penari tersebut adalah penggambaran keterbukaan, bukan hanya bertamu.

Tema dan logo resmi hari jadi ke-71 Kalsel tersebut merupakan hasil dari lomba yang diselenggarakan oleh Pemprov Kalsel melalui UPTD Taman Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Tema yang dikirimkan oleh peserta a.n. Safriannor terpilih sebagai pemenang, dan logo karya peserta a.n. Sigit Raharjo yang terpilih sebagai pemenangnya. Selamat kepada mereka berdua.

Catatan ini tidak akan memberikan penilaian dalam bentuk apa pun terhadap tema dan logo resmi yang sudah ada itu. Sebagaimana sudah disampaikan, saya hanya memberikan perhatian lebih pada dua hal, yakni persatuan dan keterbukaan.

Persatuan, karena Kalimantan Selatan baru saja memperoleh kepastian proses pencarian pemimpin daerah melalui Pilkada yang sudah dapat dikatakan menuju babak akhir. Siapa pun pemenangnya, sudah saatnya untuk mengesampingkan segala perbedaan politik. Kontes selanjutnya yang paling baik adalah berlomba-lomba memberikan kemampuan terbaik untuk daerah ini.

Keterbukaan, sebab sekarang ini sudah tidak mungkin bicara eksklusifitas daerah/wilayah. Terlebih lagi perkembangan teknologi informasi begitu pesat. Namun pada saat yang bersamaan, dituntut kebijaksanaan dan kecerdasan. Agar keterbukaan ini tidak menghancurkan.

Sebagai penutup, inilah logo resmi hari jadi ke-71 Kalimantan Selatan dalam ukuran yang lebih besar. Klik saja gambar di bawah ini, lalu akan terbuka gambarnya, dan simpan.

Logo Resmi Peringatan Hari Jadi ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021. Karya Sigit Raharjo.

Salam,

Mhd Wahyu NZ

Tinggalkan sebuah Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir Ke Atas